Thursday 21 April 2011

Ciri Khas Pesantren

         Pesantren adalah salah satu sumber ilmu, terlebih di indonesia. hampir di setiap kabupaten di daerah jawa pada khususnya terdapat sebuah pesantren, dari yang jumlah santrinya puluhan hingga ribuan. corak pendidikan yang ditawarkan beranekaragaman, dari yang berbentuk modern, dengan program bahasa Arab dan Inggris sebagai unggulan. Ada juga yang menawarkan program kajian kitab kuning sebagai upaya melesetarikan konsep syari'ah yang dibawa oleh Ulama yang notabenya adalah pewaris para nabi. keduanya memiliki keunggalan masing-masing yang bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai keislaman berasas pada Al-Qur'an dan Al Sunnah,

        Sebagai media dakwah pesantren selalu membekali anak didiknya dengan  berbagai ilmu agama, dari yang bersifat fundamental sampai pada ilmu filsafat. Di suatu pesantren di jawa Timur contohnya, pada setiap malam selasa, para santri diberi pelatihan untuk berpidato dengan bekal keilmuan yang dimikikinya, disinilah mental sebagai calin da'i diuji, bagaimana tidak? santri yang kebagian jatah untuk maju berpidato harus mempresentasikan keilmuannya dihadapan ratusan atau bahkan ribuan santri yang memenuhi isi majlis tersebut. disinilah seorang mental santri diuji dan digembleng sebelum mereka benar-benar terjun dikehidupan masyarakat yang sebenarnya.
       Keikhlasan serta semangat para asatids dan guru pengajar yang membuat pesantren hingga saat ini masih kokoh berdiri mengibarkan panji-panji keislaman. rasa kecintaan mereka terhadap ilmu agama yang selalu diberika dengan tulus kepada anak didiknya serta menanamkan etika yang baik kepada santrinya sesuai dengan ajaran Rasullah SAW yang diutus untuk menyempurnakan akhlaq mulia.


0 comments:

Post a Comment

 

ARLENK Copyright © 2009 Community is Designed by Bie